Copyright by Pakz Corp. Diberdayakan oleh Blogger.

Nokia memastikan tidak lagi mamakai nama Symbian dalam lini Sistem Operasinya


Setelah pada postingan yang lalu yaitu Perjalanan panjang symbian berakhir , kali ini Nokia memastikan tidak lagi menggunakan nama symbian pada varian terbarunya yaitu Belle, sebagai gantinya, OS tersebut diberi nama Nokia Belle. Bersamaan dengan itu, Nokia juga mengeluarkan update Nokia Belle kepada smartphone yang sebelumnya telah mendapatkan update ke Symbian Anna, yaitu Nokia C6-01, C7-00, E6-00, E7-00, N8-00, X7-00, Nokia 500, dan Nokia Oro.
Berdasarkan informasi yang didapat dari Nokia,akan ada peningkatan performa dari OS sebelumnya, selain itu terdapat beberapa hal baru yang belum ditemukan pada OS sebelumnya yaitu :
  • Dengan tampilan baru, layar depan lebih banyak, widget baru, dan personalisasi lebih mudah, kini semua jadi lebih segar dan lebih jelas digunakan.
  • Menu lebih jelas, transisi layar lebih halus, dan notifikasi tarik-bawah membantu Anda tetap up-to-date.
  • Ada bar status baru, toolbar baru, Peta Nokia baru, perekaman video yang ditingkatkan, jelajah web, dan lainnya.
Jika mencoba melihat ke belakang dimana Nokia berhasil mencapai popularitas tinggi berkat OS Symbiannya
yaitu pada awal kemunculan Symbian S60 ver 6.0 1st edition pada Nokia 7650 serta Nokia 3650, lalu dilanjutkan oleh Ponsel game legendaris dari Nokia yaitu Nokia N-Gage dengan OS Symbian S60 ver 6.1 1st edition. Beranjak ke Symbian S60 2nd Edition yaitu sang Fenomenal Nokia 6600  membawa Nokia sebagai produsen nomor 1, serta dilanjutkan oleh Nokia N70 yang laku keras pada masanya. ponsel Nokia ber OS Symbian terakhir yang menggunakan non touchscreen ialah OS S60 Symbian 3rd edition yang diawali oleh kesuksesan Nokia N73 dan ditutup oleh Nokia C5-002.
Beranjak ke Symbian yang menggunakan Touchscreen yaitu diawali oleh Nokia 5800 Xpress Music yang juga laku keras dengan membawa OS Symbian S60 5th edition. Pada masa ini OS Google Android serta OS Apple IOS mulai menyudutkan Nokia dengan OS Symbiannya. Nokia berusaha menyaingi kedua OS tersebut dengan mengupgrade OS Symbian S60 menuju OS Symbian ^3 lalu beranjak menuju Symbian Anna sebagai pembaruannya. Namun nampaknya itu belum mampu menggulingkan Android serta IOS. berdasarkan hal itu, Nokia pun bekerja sama dengan Microsoft menggandeng OS Windows Phone sebagai senjata untuk bersaing dengan Android dan IOS serta meninggalkan Symbian yang kini dirubah namanya sebagai Nokia pada versi Nokia Belle.
Meskipun OS Symbian sudah berakhir masanya, namun kita dapat melihat betapa hebatnya Symbian telah merajai OS Ponsel hampir 10 Tahun!! akankah Android, IOS atau Windows Phone dapat merajai OS ponsel selama itu? hanya waktu yang dapat menjawabnya...

Bagi pengguna Nokia C6-01, C7-00, E6-00, E7-00, N8-00, X7-00, Nokia 500, dan Nokia Oro yang ingin mengupdate OSnya menuju Nokia Belle dapat mengunjungi link dibawah ini
Update Nokia Belle

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: